Anaknya Menolak Warisan Rp 1.000 Triliun dari Dirinya, Ini yang Dilakukan Sang Ayah Selanjutnya

taipan china

Seorang miliarder Tiongkok, Wang Jianlin, sudah menyiapkan diri untuk mewariskan hartanya senilai 634 miliar yuan (Rp1.219 triliun) kepada anak lelakinya. Tapi, anak semata wayangnya, Wang Sicong, itu enggan menjadi pewaris tunggal.
Dilansir dari South Morning China Post, Rabu 14 Desember 2016, dia pun harus mencari seorang manajer profesional untuk menjalankan kerajaan bisnis dia. Sebab, anaknya tidak mau “ hidup” seperti dirinya.
“ Mungkin anak muda punya keinginan dan prioritasnya sendiri. Mungkin lebih baik meminta seseorang untuk mengendalikan bisnis dan kami hanya duduk dan meliat bisnis berjalan,” kata dia.
Taipan berusia 62 tahun ini adalah seorang pendiri dan pemimpin grup perusahaan, Dalian Wanda Group. Kerajaan bisnis ini bergerak di sektor konsumsi—pusat perbelanjaan, taman bermain, sport club, sampai bioskop.
Usahanya dirintis sejak tahun 1988. Bermula dari properti, Dalian Wanda menjelma sebagai konglomerasi dan membuat Wang dan anaknya menjadi orang yang supertajir.
Tak hanya itu, Wang juga membeli AMC Entertainment Holdings, Hoyts Group, dan Odeon&UCI Cinemas Group. Kini, dia mengoperasikan bioskop terbesar yang memiliki lebih dari 10 ribu layar.
Dia juga memiliki hotel yang dijalankan oleh Westin dan Sofitel. Pria ini juga akan membeli Dick Clark Productions yang digunakan untuk anugerah Golden Globe Awards.