Berperan Jadi Dosen, Rizky Hanggono Salut Dengan Para Pengajar

Berperan Jadi Dosen, Rizky Hanggono Salut Dengan Para Pengajar

Rizky Hanggono didaulat untuk memerankan seorang dosen killer dalam film terbarunya, MENGEJAR EMBUN KE EROPA. Rizky memerankan sosok dosen bernama Profesor Doktor Insinyur Puro dari Universitas Delapan Penjuru Angin.
Puro terkenal akan sifatnya yang keras, sehingga disalahartikan dan membuat reputasinya kurang bagus. Dirinya malah dipecat karena ingin memperbaiki etos kerja dosen dan anarkisme di dalam kampus. Alasan inilah yang kemudian membuat Universitas Halu Oleo (Kendari), Asosiasi Tradisi Lisan dan Puskat Pictures memberi judul filmnya, MENGEJAR EMBUN KE EROPA.
Turning pointnya ketika Puro dipecat padahal dia baik. Pada waktu dipecat dia malah dapat kesempatan pergi ke Eropa. Jadi ia tidak jatuh ketika dipecat tapi kalah dapat kesempatan ke Eropa untuk lebih baik lagi,” jelas sang produser, Pudentia, saat dijumpai di XXI Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (13/12).
“Di Eropa justru kita bisa menemukan Indonesia. Bagaimana pluralisme dan kebhinekaan bisa ditemukan di universitas Eropa. Kita bisa belajar antar kebudayaan. Semoga dari film ini menginspirasi kita bagaimana merawat museum sendiri dan menjaga koleksi museum karena di sana sangat dijaga sekali,” timpal sang sutradara, Haryo Sentanu Murti.
Rizky sendiri merasa cukup kesulitan memerankan seorang Puro lantaran karakternya yang jauh dari kesehariannya. “Karakternya jauh banget sih dengan saya. Kembali ke masa kuliah, saya jujur bukan orang yang antusias belajar di kelas. Orangnya nyantai banget, nurut datang ikutin sistem di sekolah. Sedangkan Puro itu sangat berdedikasi tinggi dengan pendidikan. Dia ingin memperbaiki masyarakat dimulai dari dunia kampus,” ungkap bintang JOMBLO ini.
Kompleksitas itu jauh berbeda dengan seorang Rizky Hanggono. “Jadi cukup susah upaya yang aku lakukan untuk masuk ke dalam pikiran bapak Puro. Film ini buat saya, sangat membuka mata saya pribadi sebagai laki-laki yang tidak bisa mengabaikan keluarga dan saya juga lebih menghargai dunia pendidikan,” bebernya.
Atas pengalamannya itu, Rizky jadi lebih menghargai usaha para tenaga pendidik yang berusaha mencerdaskan kehidupan bangsa. “Saya juga baru paham ternyata tidak mudah mendidik diri sendiri, termasuk anak lo di rumah. Jadi salut banget buat semua pendidik yang ada di Indonesia,” tutupnya. Saksikan MENGEJAR EMBUN DI EROPA mulai besok, 15 Desember di bioskop kesayangan.